RSS

Bantahan atas topik : Hari Kebangkitan Yesus

22 Apr

Jam (Ibrani, Aram, שעה – SYA’AH (baca SYA’A); Yunani, ωρα – hôra), adalah pembagian hari atas satuan-satuan waktu; jumlahnya dua belas dari terbitnya sampai terbenamnya matahari, (tetapi lamanya berubah-ubah sesuai dengan musim, dan dapat diperpendek atau diperpanjang sekitar 11 menit) 

* Yohanes 11:9 LAI TB, Jawab Yesus: “Bukankah ada dua belas jam dalam satu hari? Siapa yang berjalan pada siang hari, kakinya tidak terantuk, karena ia melihat terang dunia ini.KJV, Jesus answered, Are there not twelve hours in the day? If any man walk in the day, he stumbleth not, because he seeth the light of this world. TR, απεκριθη ο ιησους ουχι δωδεκα εισιν ωραι της ημερας εαν τις περιπατη εν τη ημερα ου προσκοπτει οτι το φως του κοσμου τουτου βλεπειTranslit, apekrithê ho iêsous oukhi dôdeka {dua belas} eisin {adalah} hôrai {jam} tês hêmeras ean tis peripatê en tê êmera ou proskoptei oti to phôs tou kosmou toutou blepei

* Daniel 3:6LAI TB, siapa yang tidak sujud menyembah, akan dicampakkan ‘SEKETIKA ITU JUGA’ (harfiah : pada jam itu juga) ke dalam perapian yang menyala-nyala! KJV, And whoso falleth not down and worshippeth shall the same hour be cast into the midst of a burning fiery furnace.Hebrew, 
וּמַן־דִּי־לָא יִפֵּל וְיִסְגֻּד בַּהּ־שַׁעֲתָא יִתְרְמֵא לְגֹוא־אַתּוּן נוּרָא יָקִדְתָּא׃Translit, UMAN-DI-LA’ YIPEL VEYISGUD BAH-SYA’ATA’ YITREME’ LEGO’-‘ATUN NURA’ YAQIDTA’

Jam, dipakai dalam Alkitab dengan arti yang tepat (secara khusus) dan yang lebih umum (secara lebih umum); 

1. SECARA KHUSUS

Dalam pengertian yang lebih tepat (mungkin lebih kemudian dari pengertian yg lebih umum itu), satu jam adalah seperduabelas dari jangka waktu satu hari-siang: “Bukankah ada dua belas jam dalam satu hari?” (Yohanes 11:9). Jam perhitungan Yahudi dihitung dengan patokan terbenamnya matahari dan terbitnya matahari, dan malam dihitung mulai dari terbenamnya sampai dengan terbitnya matahari. 

Orang Yahudi kuno membagi malam menjadi tiga bagian yang masing-masing terdiri atas empat jam. Jam pertama ( ראש אשמרות – ROSY ‘ASYMURÕT, jam-kepala, Ratapan 2:19), jam kedua ( ראש האשמרת התיכונה – ROSY HA’ASYMURÕT HATIKÕNAH, jam-tengah, Hakim-hakim 7:19), dan jam ketiga ( באשמרת הבקר – BA’ASYMURÕT HAVOQER, jam-pagi, Keluaran 14:24). Kemudian di zaman berikutnya, malam dibagi menjadi empat bagian masing-masing lamanya tiga jam :

Perinciannya : 

Malam dibagi menjadi empat bagian masing-masing lamanya tiga jam : 

      – Jaga pertama dihitung mulai matahari terbenam yaitu jam 18:00 – 21:00, 

      – Jaga kedua dari jam 21:00-24:00, 

      – Jaga ketiga dari jam 00:00 – 03:00, 

    – Jaga keempat dari jam 03:00 – 06:00.

Di era Yesus Kristus, mereka juga masih membagi malam menjadi empat bagian yang masing-masing terdiri atas tiga jam :

      – Jam pertama disebut malam mulai dari jam 18:00 hingga jam 21:00. 

      – Jam kedua disebut tengah malam mulai dari jam 21:00 hingga jam 24:00. 

      – Jam ketiga disebut kokok ayam mulai jam 00:00 hingga jam 03:00. 

    – Jam keempat disebut pagi mulai jam 03:00 hingga jam 06:00.

Hari dimulai sejak matahari terbit, sedangkan malam dimulai sejak matahari terbenam.Orang Yahudi menghitung “hari” selama 12 jam dan “malam” selama 12 jam. Mulai perhitungan jam Yahudi, matahari terbit ± jam 06:00 WIB

      Jam ke- 1, jam 07:00 pagi 

      Jam ke- 2, jam 08:00 pagi 

      Jam ke- 3, jam 09:00 pagi 

      Jam ke- 4, jam 10:00 pagi 

      Jam ke- 5, jam 11:00 pagi 

      Jam ke- 6, jam 12:00 siang 

      Jam ke- 7, jam 13:00 siang 

      Jam ke- 8, jam 14:00 siang

      Jam ke- 9, jam 15:00 sore

      Jam ke-10, jam 16:00 sore 

    Jam ke-11, jam 17:00 sore

Karena saat terbit dan terbenamnya matahari berbeda-beda sepanjang tahun, maka jam di dalam Alkitab tidak dapat dikatakan secara tepat sesuai jam lonceng modern/ mesin waktu modern. Dan karena tidak adanya alat pengukur waktu yang tepat karena kurangnya tekhnologi mesin pengukur waktu yang secanggih sekarang, maka waktu yang ditentukan dalam masa itu dipakai dengan istilah yang lebih umum, pada waktu itu yang berbeda daripada yang kita punyai sekarang. 

Tidaklah mengherankan apabila waktu-waktu yang secara tetap disebutkan adalah sebagai jam ketiga, keenam dan kesembilan. Ketiga-tiganya disebutkan dalam perumpamaan pekerja-pekerja kebun anggur (Matius 20:3,5), demikian juga yg kesebelas (ayat 6 dan 9), yang diangkat ke dalam suatu perumpamaan yang menunjuk pada kesempatan terakhir. 

Contoh ayat :

* Matius 20:3LAI TB, Kira-kira pukul sembilan pagi ia keluar pula dan dilihatnya ada lagi orang-orang lain menganggur di pasar. NIV. “About the third hour he went out and saw others standing in the marketplace doing nothing.KJV, And he went out about the third hour, and saw others standing idle in the marketplace, TR, και εξελθων περι την τριτην ωραν ειδεν αλλους εστωτας εν τη αγορα αργουςTranslit interlinear, kai {lalu} exelthôn {keluar} peri {kira-kira} tên tritên {ke-tiga} hôran {jam} eiden {ia melihat} allous {yang lain} hestôtas {berdiri} en {di} tê agora {pasar} argous {tidak bekerja/ menganggur}

Matius menggunakan perhitungan waktu ala Yahudi di masa itu (bukan perhitungan waktu internasional yang kita pakai sekarang ini), dan terjemahan LAI-TB memberikan pengertian yang “disesuaikan” dengan pengertian para pembaca masa kini.

PEMBAGIAN WAKTU MENURUT YAHUDI :

Perlu diketahui bahwa dalam penulisan dalam Perjanjian Baru terdapat 2 ukuran waktu, yaitu waktu menurut ukuran Yahudi dan waktu menurut ukuran Romawi. Matius, Markus, dan Lukas menggunakan perhitungan Yahudi ini, sedangkan Yohanes menggunakan perhitungan yang berbeda yaitu perhitungan Romawi. 

Ada beberapa ayat dalam Injil Yohanes yang mencatat jam: 

a. Murid-murid-Nya datang dan melihat di mana Dia tinggal, jam kesepuluh ( ωρα δε ην ως δεκατη – hôra ên hôs dekatê, Yohanes 1:39), 
b. Yesus duduk di sumur Yakub saat bertemu dengan wanita Samaria, kira-kira jam keenam ( ωρα ην ωσει εκτη – hôra ên hôsei hektê, Yohanes 4:6), catatan LAI-TB menterjemahkan “pukul dua belas”; 
c. Kesembuhan anak pegawai di Kapernaum, jam ketujuh (ωραν εβδομην – hôran hebdomên, Yohanes 4:52) 
d. dan jam keenam (ωρα δε ωσει εκτη – hôra de hôsei hektê Yohanes 19:14, seperti dalam poin “b” diatas, LAI-TB juga menterjemahkannya “pukul dua belas”). 

Kebiasaan menimba air di tanah Palestina dilakukan pada pagi dan sore hari, tidak pernah dilakukan tengah hari, jam dua belas seperti kisah wanita Samaria. Jelas bahwa Yesus Kristus duduk di sumur Yakub pada jam enam sore waktu Romawi, bukan jam dua belas seperti yang diterjemahkan oleh LAI (lihat artikel terkait di YESUS DAN PEREMPUAN SAMARIA

Orang Romawi menghitung hari biasanya dengan mulai dari tengah malam, sedangkan orang Yahudi menghitung hari biasanya mulai dengan terbenamnya matahari. 

Ada Istilah ‘setengah jam’ dalam Perjanjian Baru Wahyu 8:1 menyalin istilah Yunani ημιωριον – hêmiôrion

* Wahyu 8:1 LAI TB, Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketujuh, maka sunyi senyaplah di sorga, kira-kira setengah jam lamanya.LAI TB, And when he had opened the seventh seal, there was silence in heaven about the space of half an hour.TR, και οτε ηνοιξεν την σφραγιδα την εβδομην εγενετο σιγη εν τω ουρανω ως ημιωριονTranslit, kai hote ênoixen tên sphragida tên ebdomên egeneto sigê en tô ouranô hôs hêmiôrion

2. SECARA LEBIH UMUM

Secara lebih umum, שעה – SYA’AH dan ωρα – hôra menunjuk pada suatu titik waktu yg diketahui. ‘Pada waktu itu juga’ (Daniel 5:5) berarti ‘sementara raja dan para tamunya berada pada puncak kesukaan yg mencemarkan benda-benda suci’.

‘Pada saat itu juga’ (Matius 8:13) berarti ‘pada ketika itu juga, pada saat mana Yesus meyakinkan perwira itu bahwa permohonannya supaya hambanya disembuhkan, maka kesembuhan itu diberikan’. Sering beberapa kesempatan penting secara khusus ditunjuk sebagai suatu ‘saat’. Misalnya saat Yesus dikhianati (Markus 14:41; bandinglan Lukas 22:53, ‘saatmu’ ,yaitu ‘saat singkat kekuasaanmu’); saat kembali Tuhan Yesus, disertai dengan kebangkitan dan penghakiman (Matius 25:13; Yohanes 5:28 dab). Dalam Yohanes jam yang ditetapkan bagi penderitaan dan kemuliaan Yesus secara berulang disebutkan sebagai ‘saat-Nya’ (bandingkan Yohanes 2:4; 7:30; 8:20, juga 12:23; 17: 1). Keadaan sekarang ini yang terdapat di antara waktu-waktu adalah ‘waktu yang terakhir’ (1 Yohanes 2:18): bangkitnya banyak antikristus menunjukkan bahwa Kristus segera akan datang. 

Kepustakaan :
– W.M O’Neil, Time and the Calendars, 1975; 
– H-C Hahn, The New International Dictionary of New Testament Theology 3, 1978, hlm 845-850

=================================================================
BANTAHAN :
Apakah hari kebangkitan Yesus benar-benar tidak meragukan…?
Sekarang coba kita simplekan masalah ini, jangan diputar-putar dan menjadi ribet… 
Kita lihat kata hari yang 2 persfektif ini :
1. Hari menurut bangsa Ibrani purba dimulai dari jam 18:00 sore s/d jam 18:00 sore lagi.
Hari
Transliterasi
Terjemahan
Padanan dalam perhitunganIndonesia modern
יוֺם רִאשׁוֺו
Yôm Rišôn
Hari pertama
Sabtu 18:00 atau setelah matahari terbenam – Minggu 18:00
יוֺם שֵׁנִי
Yôm Šēnî
Hari Kedua
Minggu 18:00 – Senin 18:00
יוֺם שְׁלִישִׁי
Yôm Šlîšî
Hari Ketiga
Senin 18:00 – Selasa 18:00
יוֺם רְבִיעִי
Yôm Rəvî`î
Hari Keempat
Selasa 18:00 – Rabu 18:00
יוֺם חֲמִישִׁי
Yôm Hámîšî
Hari Kelima
Rabu 18:00 – Kamis 18:00
יוֺם שִׁשִׁי
Yôm Šiššî
Hari Keenam
Kamis 18:00 – Jumat 18:00
יוֺם שַׁבָּת
Yôm Šabbāt
Hari Istirahat
Jumat 18:00 – Sabtu 18:00
Kalender Ibrani purba :
 
Bagan 1 Mozaik Zodiak di Sinagog Beit Alpha abad ke-6M
2. Hari menurut bangsa roma dihitung dari 00.01(tengah malam)  s/d 00:01(tengah malam)lagi .
Perhitungan hari roma sama dengan yg kita gunakan saat ini :
 

Sekarang kita lihat kronologis kematian,pemakaman, dan kebangkitan Yesus :
Yesus wafat pada Hari Persiapan Sabat yang jatuh pada Hari Ke-Enam . Mudahnya kita sebut saja bahwa Isa Al Masih wafat pada hari Jum’at tanggal 14 Nisan pukul 3 sore (15:00).
Dan berapa lama Yesus didalam kubur ?

Ada yang mengatakan demikian :
No
Hari
Lama Waktu
Cara HitungWaktu Ibrani Purba
1.
Hari Persiapan: Jumat (malam Jumat – Jumat senja)
3 jam (1/8 hari)
1 hari
2.
Hari Šabbāt (malam Sabtu – Sabtu senja)
24 jam (1 hari)
1 hari
3.
Hari Rišôn (malam Minggu – Minggu senja)
11 jam (11/24 hari)
1 hari
 
Jumlah
 
3 hari
Apa-apaan itu…
Mari kita hitung menurut kalender Yahudi dahulu :
1. Sebagai kepastian, Yesus sudah berada dalam kubur pada hari jumat jam 18:00.
2. Hari esoknya sabtu sore jam 18:00 : jadi baru satu hari Yesus berada didalam kubur.
3. Hari esoknya, hari minggu pagi-pagi benar (sekitar jam 6:00 pagi)Yesus telah bangkit.

Lihatlah dan perhatikanlah, jadi berapa hari menurut kalender Yahudi….
Ya…Baru satu hari setengah. 


Sekarang kita hitung menurut kalender Romawi :

1. Yesus sudah berada dalam kubur pada hari jumat jam 18:00. Jika dihitung sampai jam 00.00(tengah malam), berarti baru setengah hari.
2. Dari jam 00:01(hari sabtu) s/d jam 00:01(hari minggu) berarti sudah 1 hari setengah.
3.Pagi-pagi benar, hari minggu(sekitar jam 6:00)Yesus bangkit. Jika dihitung dari jam 00:00(tengah malam) s/d jam 6:00 pagi, itu berarti baru 1/4 hari yakni 6 jam. Jadi bisa disimpulkan bahwa Yesus berada dalam kubur baru 1 setengah hari ditambah 6 jam.
Jika dikatakan 3 hari menurut kalender Yahudi, harusnya jam berjumlah 24+24+24 = 72jam
Jika dikatakan 3 hari menurut kalender Romawipun, harusnya jam berjumlah 24+24+24 = 72jam
Namun ini tidak, Melainkan begini : 
24+12 = 36 jam menurut kalender Yahudi
12+24+6 = 42 jam menurut kalender Roma.
Jelas ini keliru…Dan Nubuat-nubuat 3 hari kebangkitan dalam PL dan bahkan kebangkitan Yesus itu sendiripun DIRAGUKAN…..


Al Dy
Gbu/Wassalam.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: